1.
Jelaskan Pengertian dan tujuan Ilmu Budaya Dasar ( IBD )
Istilah Ilmu Budaya
Dasar dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic
Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris The Humanities, yang berasal
dari bahasa latin Humnus yang artinya manusia, berbudaya dan halus.
Dengan mempelajari The
Humanities diharapkan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih
berbudaya dan lebih halus.
Dengan demikian bisa
dikatakan bahwa The Humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai
homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus
mempelajari ilmu yaitu The Humanities disamping tidak meninggalkan
tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
Ilmu Budaya Dasar
berbeda dengan Pengetahuan Budaya. Pengetahuan Budaya mengkaji masalah
nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya ( homo humanus ).
Sedangkan Ilmu Budaya
Dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan
pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji
masalah-masalah manusia dan budaya.
Latar belakang
ilmu budaya dasar
Latar belakang ilmu budaya dasar dalam konteks budaya, negara, dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut :
- Kenyataan bahwa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa, dan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan (primodial) kesukuan dan kedaerahan.
- Proses pembangunan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusiapun terkena pengaruhnya. Akibat lebih jauh dari pembenturan nilai budaya ini akan timbul konflik dalam kehidupan.
- Kemajuan ilmu pengetahuan dalam teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Hal ini merupakan akibat sifat ambivalen teknologi, yang disamping memiliki segi-segi positifnya, juga memiliki segi negatif akibat dampak negatif teknologi, manusia kini menjadi resah dan gelisah.
Tujuan Ilmu Budaya Dasar
- Mengenal lebih dalam dirinya sendiri maupun orang lain yang sebelumnya lebih dikenal luarnya saja
- Mengenal perilaku diri sendiri maupun orang lain
- Sebagai bekal penting untuk pergaulan hidup
- Perlu bersikap luwes dalam pergaulan setelah mendalami jiwa dan perasaan manusia serta mau tahu perilaku manusia
- Tanggap terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam sehingga lebih peka terhadap masalah-masalah pemikiran perasaan serta perilaku manusia dan ketentuan yang diciptakannya
- Memiliki penglihatan yang jelas pemikiran serta yang mendasar serta mampu menghargai budaya yang ada di sekitarnya dan ikut mengembangkan budaya bangsa serta melestarikan budaya nenek moyang leluhur kita yang luhur nilainya
- Tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan atau kekotaan.
2. Apa pengertian dari Kebudayaan
Kata kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta buddhayah, yaitu bentuk jamak dari buddhi yang berarti budi atau akal.
Dengan demikian, kebudayaan diartikan sabagai hal-hal yang bersangkutan dengan
budi dan akal. Kata kebudayaan dalam bahasa Inggris diterjemahkan dengan
istilah culture dan dalam bahasa
Belanda disebut cultuur. Kedua kata
ini berasal dari kata bahasa Latin colere
yang berarti mengolah, mengerjakan, menyuburkan dan mengembangkan tanah (
bertani ). Dengan demikian, culture
atau cultuur berarti sebagai segala
daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan mengubah tanah.
Melville
J. Herkovits memandang kebudayaan sebagai suatu yang superorganic karena dapat diwariskan secara yang turun-temurun dari
generasi ke generasi dan tetap hidup walaupun orang-orang yang menjadi anggota
masyarakat senantiasa berganti. Sementara itu Edward B. Taylor melihat
kebudayaan sebagai hal yang kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan,
kesenian, moral, hokum, adat-istiadat, kemampuan-kemampuan, kebiasaan-kebiasaan
atau semua hal yang dimiliki manusia sebagai anggota masyarakat.
Koentjaraningrat
merumuskan kebudayaan sebagai keseluruhan sistem gagasan, tandakan dan hasil
karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri
manusia dengan belajar.
Selo
Soemardjan dan Soelaeman Soemardi merumuskan kebudayaan sebagai semua hasil
karya rasa dan cipta masyarakat. Contoh hasil karya masyarakat adalah teknologi
dan kebudayaan kebendaan atau kebudayaan jasmaniah ( material culture ). Kebudayaan kebendaan itu diperlukan oleh
manusia untuk menguasai alam sekitarnya.
Contoh hasil rasa yang meliputi jiwa
manusia adalah segala kaidah dan nilai sosial yang perlu untuk mengatur
masalah-masalah kemasyarakatan secara umum dan luas. Rasa meliputi agama,
ideology, kebatinan, kesenian, dan semua unsur yang merupakan hasil ekspresi
jiwa manusia sebagai anggota masyarakat.
Sumber : buku Sosiologi untuk SMA
dan MA kelas XI ( disusun oleh Dra. Kun Maryati dan Juju Suryawati, S.Pd )
3. Sebutkan macam-macam Kebudayaan ( baik yang ada di Indonesia
maupun kebudayaan Asing )
5 Kebudayaan Khas Asli Indonesia
1. Upacara Tabuik Sumatera Barat.
Berasal dari kata ‘tabut’, dari bahasa Arab yang
berarti mengarak, upacara Tabuik merupakan sebuah tradisi masyarakat di pantai
barat, Sumatera Barat, yang diselenggarakan secara turun menurun. Upacara ini
digelar di hari Asura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram, dalam kalender
Islam.
Konon, Tabuik dibawa oleh penganut Syiah dari
timur tengah ke Pariaman, sebagai peringatan perang Karbala. Upacara ini juga
sebagai simbol dan bentuk ekspresi rasa duka yang mendalam dan rasa hormat umat
Islam di Pariaman terhadap cucu Nabi Muhammad SAW itu. Karena kemeriahan dan
keunikan dalam setiap pagelarannya, Pemda setempat pun kemudian memasukkan
upacara Tabuik dalam agenda wisata Sumatera Barat dan digelar setiap tahun.
Dua minggu menjelang pelaksanaan upacara Tabuik,
warga Pariaman sudah sibuk melakukan berbagai persiapan. Mereka membuat serta
aneka penganan, kue-kue khas dan Tabuik. Dalam masa ini, ada pula warga yang
menjalankan ritual khusus, yakni puasa.
Selain sebagai nama
upacara, Tabuik juga disematkan untuk nama benda yang menjadi komponen penting
dalam ritual ini. Tabuik berjumlah dua buah dan terbuat dari bambu serta kayu.
Bentuknya berupa binatang berbadan kuda, berkepala manusia, yang tegap dan
bersayap. Oleh umatIslam, binatang ini disebut Buraq dan dianggap sebagai
binatang gaib. Di punggung Tabuik, dibuat sebuah tonggak setinggi sekitar 15 m.
Tabuik kemudian dihiasi dengan warna merah dan warna lainnya dan akan di arak
nantinya.
2. Makepung, Balap Kerbau Masyarakat Bali.
Kalau Madura punya
Kerapan Sapi, maka Bali memiliki Makepung. Dua tradisi yang serupa tapi tak
sama, namun menjadi tontonan unik
yang segar sekaligus menghibur. yang dalam bahasa Indonesia berarti berkejar-kejaran,
adalah tradisi berupa lomba pacu kerbau yang telah lama melekat pada masyarakat
Bali, khususnya di Kabupaten Jembrana. Tradisi ini awalnya hanyalah permainan
para petani yang dilakukan di sela-sela kegiatan membajak sawah di musim panen.
Kala itu, mereka saling beradu cepat dengan memacu kerbau yang dikaitkan pada
sebuah gerobak dan dikendalikan oleh seorang joki.
Makin lama, kegiatan
yang semula iseng itu pun berkembang dan makin diminati banyak kalangan. Kini,
Makepung telah menjadi salah satu atraksi budaya yang paling menarik dan banyak
ditonton oleh wisatawan termasuk para turis asing. Tak hanya itu, lomba pacu
kerbau inipun telah menjadi agenda tahunan wisata di Bali dan dikelola secara
profesional. Sekarang ini, Makepung tidak hanya diikuti oleh kalangan petani
saja. Para pegawai dan pengusaha dari kota pun banyak yang menjadi peserta
maupun supporter. Apalagi, dalam sebuah pertarungan besar, Gubernur Cup
misalnya, peserta Makepung yang hadir bisa mencapai sekitar 300 pasang kerbau
atau bahkan lebih. Suasana pun menjadi sangat meriah dengan hadirnya para
pemusik jegog (gamelan khas Bali yang terbuat dari bambu) untuk menyemarakkan
suasana lomba.
Atraksi yang sangat
berbahaya yang biasa kita kenal dengan sebutan Debus, Konon kesenian bela diri
debus berasal dari daerah al Madad. Semakin lama seni bela diri ini makin
berkembang dan tumbuh besar disemua kalangan masyarakat banten sebagai seni
hiburan untuk masyarakat. Inti pertunjukan masih sangat kental gerakan silat
atau beladiri dan penggunaan senjata. Kesenian debus banten ini banyak
menggunakan dan memfokuskan di kekebalan seseorang pemain terhadap serangan
benda tajam, dan semacam senjata tajam ini disebut dengan debus.
Kesenian ini tumbuh dan berkembang sejak ratusan tahun yang lalu, bersamaan dengan berkembangnya agama islam di Banten. Pada awalna kesenian ini mempunyai fungsi sebagai penyebaran agama, namun pada masa penjajahan belanda dan pada saat pemerintahan Sultan Agung Tirtayasa. Seni beladiri ini digunakan untuk membangkitkan semangat pejuang dan rakyat banten melawan penjajahan yang dilakukan belanda. Karena pada saat itu kekuatan sangat tidak berimbang, belanda yang mempunyai senjata yang sangat lengkap dan canggih. Terus mendesak pejuang dan rakyat banten, satu satunya senjata yang mereka punya tidak lain adalah warisan leluhur yaitu seni beladiri debus.
4. Karapan sapi Masyarakat Madura Jawa Timur
Karapan sapi yang
merupakan perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Madura Jawa Timur, Dalam
even karapan sapi para penonton tidak hanya disuguhi adu cepat sapi dan
ketangkasan para jokinya, tetapi sebelum memulai para pemilik biasanya
melakukan ritual arak-arakan sapi disekelilingi pacuan disertai alat musik
seronen perpaduan alat music khas Madura sehingga membuat acara ini menjadi
semakin meriah.
Panjang rute lintasan karapan sapi tersebut antara 180 sampai dengan 200 meter, yang dapat ditempuh dalam waktu 14 sd 18 detik. Tentu sangat cepat kecepatan sapi – sapi tersebut, selain kelihaian joki terkadang bamboo yang digunakan untuk menginjak sang joki melayang diudara karena cepatnya kecepatan sapi sapi tersebut. Untuk memperoleh dan menambah kecepatan laju sapi tersebut sang joki, pangkal ekor sapi dipasangi sabuk yang terdapat penuh paku yang tajam dan sang joki melecutkan cambuknya yang juga diberi duri tajam kearah bokong sapi. Tentu saja luka ini akan membuat sapi berlari lebih kencang, tetapi juga menimbulkan luka disekitar pantat sapi. Jarak pemenang terkadang selisih sangat tipis, bahkan tidak jarang hanya berjarak 1 sd 2 detik saja. Karapan Sapi dimadura merupakan pagelaran yang sangat unik, selain sudah diwarisi secara turun menurun tradisi ini juga terjaga sampai sekarang. Even ini dijadikan sebagai even pariwisata di Indonesia, dan tidak hanya turis local dari mancanegara pun banyak yang menyaksikan karapan sapi ini.
5. Upacara Kasada Bromo
Upacara Kasada bromo dilakukan oleh masyarakat
Tengger yang bermukim di Gunung Bromo Jawa Timur, mereka melakukan ritual ini
untuk mengangkat seorang Tabib atau dukun disetiap desa. Agar mereka dapat
diangkat oleh para tetua adat, mereka harus bisa mengamalkan dan menghafal
mantera mantera. Beberapa hari sebelum Upacara Kasada bromo dimulai, mereka
mengerjakan sesaji sesaji yang nantinya akan dilemparkan ke Kawah Gunung Bromo.
Pada malam ke 14 bulan Kasada Masyarakat tengger berbondong bondong dengan
membawa ongkek yang berisi sesajo dari berbagai macam hasil pertanian dan
ternak. Lalu mereka membawanya ke Pura dan sambil menunggu Dukun sepuh yang
dihormati datang mereka kembali menghafal dan melafalkan mantera, tepat tengah
malam diadakan pelantikan dukun dan pemberkatan umat dipoten lautan pasir
gunung bromo. Bagi masyarakat Tengger, peranan Dukun adalah sangat penting.
Karena mereka bertugas memimpin acara – acara ritual, perkawinan dll.
Sebelum lulus mereka diwajibkan
lulus ujian dengan cara menghafal dan lancar dalam membaca mantra mantra.
Setelah Upacara selesai, ongkek – ongkek yang berisi sesaji dibawa dari kaki
gunung bromo ke atas kawah. Dan mereka melemparkan kedalam kawah, sebagai
simbol pengorbanan yang dilakukan oleh nenek moyang mereka. Didalam kawah
banyak terdapat pengemis dan penduduk tengger yang tinggal dipedalaman, mereka
jauh jauh hari datang ke gunung bromo dan mendirikan tempat tinggal dikawah
gunung Bromo dengan harapan mereka mendapatkan sesaji yang dilempar. Penduduk
yang melempar sesaji berbagai macam buah buahan dan hasil ternak, mereka
menganggapnya sebagai kaul atau terima kasih mereka terhadap tuhan atas hasil ternak
dan pertanian yang melimpah. Aktivitas penduduk tengger pedalaman yang berada
dikawah gunung bromo.
Sumber : http://aksesdunia.com/2012/01/08/5-kebudayaan-khas-asli-indonesia/
Semua budaya timur menganggap budaya barat penuh dengan kebebasan. Segala sesuatunya mungkin terjadi. Spontanitas lebih dihargai dan individu bebas dari tekanan dan campur tangan orang lain. Akhirnya, kebebasan itu diwujudkan kedalam berbagai bidang kehidupan sosial, politik, macam-macam kebudayaan, dan ekonomi. Namun kebebasan ini ternyata menyebabkan orang lain tidak bebas lagi. Sebagai akibat dari kebebasan itu pulalah nilai-nilai umum dan nilai kebersamaan semakin pudar.
Harus di akui kemajuan teknologi budaya barat sangan berkembang pesat dari pada budaya timur. Hasil teknologi barat melebihi kebutuhan manusia bahkan mengganggu kepentingan manusia karena terlalu cepat sampai kedepan. Teknologi yang mereka ciptakan adalah salah satu macam-macam teknologi yang ada di budaya barat.
Macam-Macam Kebudayaan Asing
NILAI BUDAYA BARAT DAN MARTABAT MANUSIA
Budaya barat menganggap manusia adalah ukuran untuk segalanya. Maksudnya,
manusia mempunyai kemampuan untuk menyempurnakan hidupnya sendiri berdasarkan
akal, intelektual dan pengalaman. Di barat kepuasan diperoleh melalui
usaha-usaha atau perhatian terhadap benda, kenikmatan, dan keselarasan di
dunia. Usaha-usaha itu dengan sendirinya dapat menimbulkan kondisi kehidupan
yang penuh dengan persaingan bahkan dapat menimbulkan kekacauan.
NILAI BUDAYA BARAT DAN KEBEBASAN
Semua budaya timur menganggap budaya barat penuh dengan kebebasan. Segala sesuatunya mungkin terjadi. Spontanitas lebih dihargai dan individu bebas dari tekanan dan campur tangan orang lain. Akhirnya, kebebasan itu diwujudkan kedalam berbagai bidang kehidupan sosial, politik, macam-macam kebudayaan, dan ekonomi. Namun kebebasan ini ternyata menyebabkan orang lain tidak bebas lagi. Sebagai akibat dari kebebasan itu pulalah nilai-nilai umum dan nilai kebersamaan semakin pudar.
NILAI BUDAYA BARAT DAN TEKNOLOGI
Harus di akui kemajuan teknologi budaya barat sangan berkembang pesat dari pada budaya timur. Hasil teknologi barat melebihi kebutuhan manusia bahkan mengganggu kepentingan manusia karena terlalu cepat sampai kedepan. Teknologi yang mereka ciptakan adalah salah satu macam-macam teknologi yang ada di budaya barat.
4. Hubungan IBD dengan Jurusan yang saya ambil sekarang ( Sistem
Informasi )
Pengertian
Sistem
Sistem adalah kesatuan bagian-bagian yang saling
berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak,
contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari
beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga
membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat
yang berada dinegara tersebut.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem
Pengertian
Informasi
Informasi adalah data yang
telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat
bagi pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang. Informasi merupakan
kumpulan data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti
bagi yang menerima (Andri Kristanto, 2003: 6). Informasi adalah data yang
diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang
menerimanya
Pengertian
Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah
kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan
pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses
atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai
intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat. ( Menurut
John F. Nash (1995:8) )
Pengertian
Ilmu
Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki,
menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia
dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini
dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian
dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari
keterbatasannya.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu
Pengertian
Budaya
Menurut
Koentjaraningrat budaya adalah keseluruhan sistem gagasan tindakan dan hasil
karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan miliki diri
manusia dengan cara belajar.
Pengertian
Dasar
Dasar adalah suatu
awalan atau permulaan dari semuannya, ilmu dasar berarti ilmu yang di pelajari
adalah awal dari sebuah pelajaran dan pelajaran itu akan berkembang yang
disebut pengembangan dasar.
HUBUNGAN
INFORMASI DENGAN ILMU
Pengaksesan informasi secara online sangat bermanfaat
bagi IPTEK. Dalam IPTEK internet menjadi kebutuhan sehari-harinya. Karena
melalui internet maka orang bisa mengetahui ilmu pengetahuan yang kita tidak
ketahui menjadi tahu. Kemudian manfaat yang lainnya internet bagi IPTEK, yaitu
mempelajari teknologi-teknologi yang berkembang saat ini. Dan juga bisa
membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang tugasnya membuat
laporan-laporan lainnya. Seperti laporan makalah ekonomi, biologi, kimia,
fisika, dan lain-lain. Kalau kita hanya berpatokan dengan buku saja maka kita
akan mengalami kerepotan dalam mencarinya. Bukan hanya makalah, laporan
penelitian juga bisa seperti jurnal yang hanya bisa didapatkan di internet.
Tapi di tiap sekolah di Indonesia khususnya sekolah
negeri, pemerintah sudah memasang computer di tiap sekolah plus internet. Agar
siswa dan siswi Indonesia tidak menjadi bodoh dalam menggunakan computer dan
internetnya. Tapi internet tidak selalu menguntungkan ada juga kerugiannya
seperti adanya situs-situs yang tidak wajar untuk ditampilkan di depan public.
Kesemua itu dilakukan oleh manusia hanya untuk mencari sensasi. Tapi manusia
tidak tau apa yang akan terjadi jikalau anak-anak yang melihatnya. Mereka bisa
terpengaruh dan juga bisa menirunya jika mereka suka.
Internet tidak selalu menguntungkan ada juga sisi
negativenya. Tapi kalau untuk mencari berita-berita atau informasi penting itu
sangat berguna sekali. Internet merupakan sarana pendidikan untuk menambah
wawasan. IPTEK di Indonesia cukup bagus. Dimana pendidiknya profesional dan
berpengalaman. Kesemua itu dilakukan agar Indonesia tidak lagi menjadi negara
terbelakang dalam hal pendidikan. Faktor yang menghambat pendidikan di
Indonesia adalah kurangnya modal untuk mendirikan dan menyekolahkan orang-orang
yang kurang mampu.
Sebelum
adanya Internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan di seluruh dunia
adalah akses kepada sumber informasi. Perpustakaan yang konvensional merupakan
sumber informasi yang sayangnya tidak murah. Buku-buku dan journal harus dibeli
dengan harga mahal. Pengelolaan yang baik juga tidak mudah. Sehingga akibatnya
banyak tempat di berbagai lokasi di dunia yang tidak memiliki perpustakaan yang
lengkap. Adanya Internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang
mulai tersedia banyak. Dengan kata lain, masalah akses semestinya bukan menjadi
masalah lagi.
Tetapi di Indonesia,
belum semua pendidikan menggunakan internet. Ada beberapa alasan mengapa di
Indonesia belum semua pendidikan menggunakan internet, faktornya adalah
Kurangnya penguasaan
bahasa Inggris. Suka atau tidak suka, sebagian besar informasi di Internet
tersedia dalam bahasa Inggris. Penguasaan bahasa Inggris menjadi salah satu
keunggulan (advantage).
Kurangnya sumber
informasi dalam bahasa Indonesia. Kita sadari bahwa tidak semua orang Indonesia
akan belajar bahasa Inggris. Untuk itu sumber informasi dalam bahasa Indonesia
harus tersedia. Saat ini belum banyak sumber informasi pendidikan yang tersedia
dalam bahasa Indonesia. Konsep berbagi (sharring), misalnya dengan membuat
materi-materi pendidikan di Internet, belum merasuk. Inisiatif langka seperti
ini sudah ada namun masih kurang banyak.
Akses Internet masih
mahal. Meskipun sudah tersedia, akses ke Internet masih mahal. Namun hal ini
diharapkan akan menjadi lebih murah di masa yang akan datang. Diharapkan
akselerasi penurunan harga menjadi fokus utama dari Pemerintah. Mekanisme lain
adalah adanya subsidi dari pemerintah untuk institusi pendidikan. Akses
Internet masih susah diperoleh. Beberapa daerah di Indonesia masih belum
memiliki jalur telepon yang dapat digunakan untuk mengakses Internet.
Selain dari dampak
positif, internet juga berdampak negatif bagi para pelajar. Pengguna internet
terbesar saat ini adalah para pelajar SLTP diikuti oleh pelajar SLTA dan
kalangan mahasiswa justru menempati urutan ketiga (kecuali di warnet yang
berdekatan dengan kampus). Dalam sebuah survey, para pelajar SLTP, SLTA dan SD
sebagian besar menggunakan internet untuk bermain game dan chatting. Dan
rata-rata mereka rela menghabiskan waktu 3-5 jam/ hari dengan mengeluarkan uang
Rp.7000 – Rp.30.000/hari untuk bermain internet. Memang tidak semua pelajar
hanya menggunakan internet untuk bermain game dan chatting. Memang diantara
mereka juga menggunakan internet untuk sarana mencari pengetahuan, namun yang
melakukan hal itu jumlahnya tidaklah banyak.
Game dan chatting bisa membawa effect kecanduan.
Dan apabila sudah kecanduan tentu effect sampingnya akan membuat anak menjadi
malas belajar, malas mengaji dan setiap ada kesempatan selalu berusaha untuk
bermain game dan chatting. Dampak negatif bermain game hampir sama dengan
dampak permainan Play Station dimana seseorang yang sudah kecanduan akan betah
seharian bermain dan bahkan lupa makan, lupa minum dan lupa kalau hari esok
masih ada.
Begitu juga dengan
chatting, para pelajar yang melakukan kegiatan ini menganggap waktu 5 jam sama
dengan 10 menit. Dan mereka cenderung memanfaatkan chatting untuk sekedar
ngobrol kesana-kemari dengan teman kencannya di internet dan bahkan tidak
menutup kemungkinan juga mengarah kepada pembicaraan yang porno. Effect
permainan game dan chatting ini justru lebih berbahaya dari kekhawatiran kita
sekitar 5 tahun lalu tentang maraknya situs-situs porno. Karena berdasarkan
pengamatan, ternyata situs porno hanya berefek pada euforia dan dalam waktu
singkat mereka sudah akan bosan. Namun effect game dan chatting adalah effect
candu yang bisa membuat penggunanya menjadi ketagihan dan ini yang sangat
berbahaya bagi dunia pendidikan kita. Beberapa kejadian di Indonesia menunjukan
ada kasus perkosaan oleh teman chatting, penipuan oleh teman chatting.
HUBUNGAN
INFORMASI DAN BUDAYA
Globalisasi pada hakikatnya ternyata telah membawa nuansa
budaya dan nilai yang mempengaruhi selera dan gaya hidup masyarakat. Melalui
media yang kian terbuka dan terjangkau, masyarakat menerima berbagai informasi
tentang peradaban baru yang datang dari seluruh penjuru dunia. Begitulah,
misalnya, banjir informasi dan budaya baru yang dibawa media tak jarang teramat
asing dari sikap hidup dan norma yang berlaku. Terutama masalah pornografi,
dimanasekarang wanita-wanita Indonesia sangat terpengaruh oleh trend mode dari
Amerika dan Eropa yang dalam berbusana cenderung minim, kemudian ditiru
habis-habisan. Sehingga kalau kita berjalan-jalan di mal atau tempat publik
sangat mudah menemui wanita Indonesia yang berpakaian serba minim mengumbar
aurat. Di mana budaya itu sangat bertentangan dengan norma yang ada di
Indonesia. Belum lagi maraknya kehidupan free sex di kalangan remaja masa kini.
Pengaruh informasi terhadap budaya ini memang menyebabkan pengaruh yang paling
parah. Kalau di negara Indonesia ini hamper semua masyarakatnya telah mengikuti
budaya yang seperti di Amerika dan Eropa, pasti akan ada perpecahan dari dalam
negeri ini, akan ada pertentangan yang mungkin akan berdampak buruk bila orang
yang mengikuti gaya Eropa dan Amerika itu melawan. Karena kalau mereka melawan,
mereka akan berfikir negara Indonesia ini seperti negara luar yang bebas. Jadi
mereka akan melakukan tindakan yang bebas sesuka hati mereka untuk
mempertahankan gaya yang ditiru oleh mereka.
Kehidupan sosial masyarakat juga ikut berdampak akibat
perkembangan informasi tersebut, terutama pada perkembangan internet. Dampak
dari pengaruh tersebut adalah kurangnya sikap gotong-royong dari masyarakat,
individualisme terlihat pada masyarakat kota. Hubungan sosial yang terjalin di
masyarakat kita bisa hanya dengan menggunakan via hand phone atau via email.
Memang cara seperti itu praktis, cepat dan mudah. Tapi tanpa sadar mereka tidak
dapat bersilaturahmi secara langsung.
Pengaruh positif dari informasi yang berkembang di dunia
bagi budaya yaitu pengetahuan budaya. Indonesia yang belakangan ini budayanya
yang dimiliki sering diakui atau diklaim oleh negara lain kini seluruh dunia
dapat melihat dan mengenal bagaimana kebudayaan di Indonesia, sehingga seluruh
dunia dapat tau bagaimana isi di setiap masing-masing negara, sebenarnya selain
memamerkan bdayanya, Indonesia juga harus memberikan hak paten terhadap
budaya-budayanya agar tidak di curi lagi oleh negara lain kalau Indonesia sudah
mengukuhkannya. Jadi mudah-mudahan tidak akan ada lagi pengakuan dari
Negara-negara lain terhadap kebudayaan bangsa Indonesia.
HUBUNGAN
SISTEM DAN BUDAYA
Di atas telah dikatakan sistem adalah kesatuan
bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta
memiliki item-item penggerak. Dan budaya adalah sesuatu perilaku dari sekelompok
masyarakat yang menjadi suatu tradisi atau kebiasaan yang dilakuukkan secara
turun temurun dari sekelompok masyarakat dan itu menjadi ciri khas dari
kelompok mereka. Menurut saya hubungan antara sistem dan budaya adalah dalam
hal penggerak dan kesatuan bagian yang saling berhubungan . Budaya di Indonesia
pasti ada penggerak atau yang malukukan kegiatan kebudayaan tersebut, yaitu
masyarakat Indonesia itu sendiri. Indonesia memiliki banyak ragam suku-suku
sehinngga budaya yang ada di Indonesia bermacam-macam. Walaupun berbeda-beda
suku dan budaya, Indonesia memiliki ‘binika tunggal ika’ yang artinya walaupun
berbeda-beda tapi tetap satu jua. Jadi suatu sistem yang menghubungkan budaya
di Indonesia adalah sebuah negara Indonesia yang dipimpin seseorang Presiden.
Presiden mengatur pergerakan sistem di Indonesia agar perdamaian selalu
terjalin di sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar